PT. INSAN DATA PERMATA
Management Information Systems

BLOG

Pertanyaan Aplikasi Absensi SIKNeT Online

1. Apakah yang dimaksud dengan SIKNeT OnLine?

Paket Software/ Aplikasi Sistim Informasi Kehadiran yang terhubung dengan Internet.
Dijual berupa PAKET SIKNET ONLINE Yang terdiri atas :
1. Aplikasi Absensi Desktop yang terinstall di PC Kantor Pusat
2. Aplikasi Absensi Desktop yang terinstall di PC Kantor Cabang
3. Aplikasi Absensi Webbase yang terinstall di Server Hosting

Lokasi Kantor Pusat
Database : MySQL Server

1. Aplikasi Absensi SIKNeT Tarik Data Send2Web
Fungsi :
a. Tarik Data absensi dari mesin absensi (Handkey/ faceID/ Fingerprint)
b. Kemudian menyimpan Data tersebut ke Database Lokal dan Server Hosting
c. Mencatat juga ke format text (LogFiles)
2. Aplikasi Absensi SIKNeT Standar Plus
Fungsi :
a. Melakukan semua fungsi SIKNeT Standar dengan Database MySQL Server
b. Berlaku untuk semua data Pegawai/ Karyawan Kantor Pusat dan Cabang
3. Aplikasi Absensi SIKNeT Download Data
fungsi :
a. Melakukan Tarik Data Absensi dari Database Server/ Hosting
b. Berlaku untuk semua data Pegawai/ Karyawan Kantor Pusat dan Cabang

Lokasi Kantor Cabang
Database : MDB/ Ms. Access

1. Aplikasi Absensi SIKNeT Tarik Data Send2Web
Fungsi :
a. Tarik Data absensi dari mesin absensi (Handkey/ faceID/ Fingerprint)
b. Kemudian menyimpan Data tersebut ke Database Lokal dan Server Hosting
c. Mencatat juga ke format text (LogFiles)
2. Aplikasi Absensi SIKNeT Standar
Fungsi :
a. Melakukan semua fungsi SIKNeT Standar dengan Database MDB/ Ms. Access
b. Berlaku untuk data Pegawai/ Karyawan Kantor Cabang tertentu saja
3. Aplikasi Absensi SIKNeT Download Data
fungsi :
a. Melakukan Tarik Data Absensi dari Database Server/ Hosting
b. Berlaku untuk data Pegawai/ Karyawan Kantor Cabang tertentu saja

Lokasi Server/ Hosting
Database : MySQL Server

Aplikasi Absensi SIKNeT Webbase- Basic
fungsi :
1. Karyawan dapat melihat Daftar Hadir nya sendiri menggunakan laptop atau SmartPhone
Sesuai dengan User dan Password Pegawai/ Karyawan yang bersangkutan

Manerima data absensi Pegawai/ Karyawan dari Aplikasi absensi Kantor Pusat dan Cabang
Menampilkan daftar absensi Pegawai/ Karyawan Kantor Pusat dan Cabang di SIKNeT Web-basic
Daftar hadir bisa dilihat di Laptop dan SmartPhone

2. Berfungsi sebagai “jembatan” antara Data Absensi Cabang ke Pusat.
Pegawai absensi di Mesin Absensi ->PC Lokal Cabang -> Database Server Hosting
-> PC Lokal Pusat -> Proses data -> Cetak laporan-laporan selurah pegawai Pusat dan Cabang

3. PC Lokal Cabang bisa mencetak laporan kehadirannya sendiri.

4. Dengan Management PIN yang unik/ tidak sama biak pusat dan cabang,
maka karyawan dapat melakukan absensi di mesin absensi Pusat
dan Data Hadirnya bisa di “Download” ke PC Lokal Cabang

2. Apakah Keunggulan dari Sistim SIKNeT OnLine?

a. Karyawan dapat melihat Daftar Hadir nya sendiri menggunakan laptop atau SmartPhone
b. Berfungsi sebagai “jembatan” antara Data Absensi Cabang ke Pusat.
Mesin Absensi ->PC Lokal Cabang -> Database Server Hosting -> PC Lokal Pusat -> Olah data -> Cetak laporan-laporan.
c. PC Lokal Cabang bisa mencetak laporan kehadirannya sendiri.
d. Dengan Management PIN yang unik, maka karyawan dapat melakukan absensi di mesin absensi Pusat dan Data Hadirnya bisa di “Download” ke PC Lokal Cabang.


3. Apakah semua mesin absensi bisa terhubung ke SIKNeT OnLine?

Iya, bisa. Semua mesin absensi pada dasarnya bisa terhubung dengan SIKNeT OnLine dengan 2 cara yang berbeda :
a. Aplikasi Tarik Data langsung terhubung ke Mesin Absensi
Untuk Mesin Absensi Handkey, faceID M200/ F910/ FT200/ TMF630, Fingerprint OA3000/ A380 dapat terhubung langsung ke Aplikasi SIKNeT Tarik Data
b. Aplikasi Ambil Data terhubung ke Database PC.
Untuk mesin-mesin absensi yang belum bisa terhubung langsung dengan SIKNeT, maka SIKNeT akan mengambil data absensi dari Database PC


4. Paket SIKNeT ONLine diinstall di mana?

Untuk SIKNeT Web-Basic bisa diinstall di Server Lokal ataupun Server Hosting
Untuk SIKNeT yang lain, diinstall di PC biasa.


5. Apakah ada syarat khusus untuk Smart Phone yang digunakan?

Smart Phone yang digunakan harus bisa terhubung ke Internet untuk buka aplikasi SIKNeT Online.
Selanjutnya Login ke Aplikasi dengan memasukkan Nama User dan Password. Jika valid,
maka Karyawan bisa melihat Data Hadirnya sendiri di smart phone.